Monitoring Persiapan Penempatan Transmigrasi di Desa Kahingai, Belantikan Raya, Lamandau, Kalimantan Tengah

Kamis, 24/10/19, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja melakukan kegiatan monitoring persiapan penempatan transmigrasi di desa Kahingai, kecamatanBelantikan Raya, kabupaten Lamandau, provinsi Kalimantan Tengah. Tim monitoring terdiri dari Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Drs. Sartiyasto, M.M, Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Heru Wijoyo, S.STP. dan Plt. Kepala Seksi Transmigrasi, Nanang Setianto, S.Psi.

Tim monitoring diterima oleh Kepala Unit Permukiman Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamandau, Bapak Tunas Jaya. Hasil dari kegiatan monitoring ini antara lain :

  1. Dari target RTJK 100 Unit, realisasi 30 unit terbangun tetapi belum ada yang fungsional. Ada bangunan yang tinggal pasang atap dan plester, ada pula yang pasang dinding maupun pondasi. Selanjutnya 26 unit siap tapak rumah tetapi belum dipondasi.
  2. Kekurangannya unit baru akan dilakukan penentuan titik lokasi oleh Konsultan dan Kepala Desa yang selanjutnya akan dilakukan pembuatan tapak rumah dan pembangunan RTJK.
  3. Jadwal Penyelesaian sampai dengan tanggal 27 nopember 2019.
  4. SAB sedang dalam proses pengerjaan.
  5. Sarana Fasilitas Umum sedang dalam proses penyelesaian.
  6. Langkah yang akan dilakukan untuk penyelesaian :
    • Penambahan tenaga kerja dari yang ada sekarang 30 orang menjadi 60-70 orang.
    • Percepatan penentuan titik tapak rumah oleh konsultan dan kepala desa.

Hal yang menjadi perhatian, hasil kesepakatan antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Lamandau dan Kepala Desa Kahinggai adalah penempatan transmigrasi akan dilaksanakan paling lambat minggu pertama Bulan Desember 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *