Penyebarluasan Informasi Bursa Kerja di Desa Klepu, Karang Asem & Tawangrejo

Senin, 18/03/19 Disperinaker Kabupaten Klaten mengadakan Sosialisasi penyebarluasan informasi bursa kerja di Desa Klepu, Tawang rejo dan Karang Asem. Kegiatan ini diselenggarakan di masing-masing desa, dengan peserta sebanyak 25 orang per desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Drs. Hasto Raharjo selaku Plt. Kepala Bidang Tenaga Kerja, Bapak Bhi Anggoro A, S.E., dan Ibu Tri Windari, S.H. selaku Fungsional Pengantar Kerja, para Kepala Desa, Narasumber dari Perusahaan maupun PPTKIS ( Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta), panitia pelaksana kegiatan dari Disperinaker dan peserta pencari kerja.

Dalam kegiatan ini, Bapak Hasto menyampaikan tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk menempatkan tenaga kerja yang ada dan memperluas kesempatan kerja masyarakat Kabupaten Klaten. Penempatan kerja tersebut meliputi :
1. Antar Kerja Lokal (AKL), penempatan kerja antar Kabupaten/Kota dalam satu provinsi. perekrutan bisa langsung atau melalui pengantar kerja yang ada di Disperinaker. Informasi AKL bisa dilihat juga di disini
2. Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), penempatan tenaga kerja antar provinsi dalam wilayah Indonesia. perekrutan dilaksanakan melalui program AKAD oleh LPTKS_AKAD yang ada di Batam dan Kalimantan.
3. Antar Kerja Antar Negara (AKAN), penempatan tenaga kerja keluar negeri yang dilaksanakan oleh pemerintah dan swasta. Pemerintah melalui program G to G dengan negara tujuan Korea dan Jepang. Untuk informasi lebih lengkap bisa diakses disini. Kemudian Swasta melalui 11 PPTKIS yang telah ditunjuk oleh Kementerian Tenaga Kerja.
4. Program Usaha Mandiri/Kewirausahaan, yang dilaksanakan melalui 1 BLK (rintisan) dan 90 LPKS (Lembaga Pelatihan Kerja Swasta.

Narasumber dalam kegiatan kali ini Bapak Arifin dari PPTKIS Adi Makmur Unggul Insani yang memaparkan tentang cara bekerja di luar negeri dengan aman. Tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk bekerja di luar negeri antara lain :
1. Pencarian informasi yang jelas dengan datang ke PPTKIS atau Disperinaker
2.Pembuatan nomor ID, prosedur ini harus dilakukan, karena untuk bekerja di luar negeri harus mempunyai nomor ID
3.Seleksi, meliputi tinggi badan, kemampuan, keterampilan dan kesehatan
4.Medical check up, prosedur ini dilakukan setelah dinyatakan lulus seleksi
5.Pembuatan Paspor
6.Sidik Jari
7.Penerbitan VISA
8.Upload dokumen persyaratan, meliputi Kartu Keluarga, e-KTP, perjanjian kerja, dll.
9.Pembekalan akhir
10.Pemberangkatan

Dalam sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan dari peserta. Salah satunya dari Ikhsan yang menanyakan bagaimana jika terjadi masalah saat bekerja di luar negeri. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Bapak Arifin yang menyatakan jika terjadi masalah saat bekerja di luar negeri, pekerja bisa menghubungi PPTKIS yang memberangkatkannya ke luar negeri. Jika PPTKIS tidak bisa menyelesaikan masalah, pekerja bisa meminta bantuan ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) yang ada di negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *