Sosialisasi dan Penyuluhan Ketransmigrasian Desa Gemampir, Karangnongko

Rabu, 24/04/19 Disperinaker Kabupaten Klaten mengadakan Sosialisasi dan Penyuluhan Ketransmigrasian di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Balai Desa Gemampir. Peserta dalam kegiatan ini adalah warga di sekitar Desa Gemampir.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Bidang Tenaga Kerja, Drs. Hasto Raharjo, MM, Kepala Desa Sumber, Ibu Sri Lestari, S.Pd., para staf Disperinaker dan 30 orang peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Gemampir menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Disperinaker pada Desa Gemampir untuk tempat penyuluhan dan sosialisasi transmigrasi. Semoga dapat bermanfaat dan mudah2an ada yg berminat mengikuti program transmigrasi untuk peningkatan ekonomi masyatakat.

Narasumber dalam pembinaan ini adalah Drs. Hasto Raharjo, MM. Dalam presentasinya, beliau menyampaikan banyak hal terkait teknis penyelenggaraan transmigrasi yang mencakup prosedur pendaftaran; kewajiban dan hak transmigran serta rencana penjajagan lokasi transmigrasi Tahun 2019.

Prosedur pendaftaran transmigrasi meliputi :
1. Membawa Surat Pengatar/Keterangan dari Dusun/Desa
2. Mengisi Blangko Formulir Pendaftaran (Pn. 6) dan Data Sosial Ekonomi untuk dilegalisir pejabat yang berwenang (Dukuh, Kades, Camat, Kepolisian)
3. Menyerahkan 5 rangkap fotokopi :
– KTP Suami & istri
– Kartu Keluarga
– Akta Nikah
– Ijazah Terakhir (bagi kepala keluarga bila ada)
4. Menyerahkan pas foto suami & istri terbaru ukuran 4 X 6 = 5 lembar dan 3 X 4 = 5 lembar
5. Khusus untuk janda/duda harus ada anak yang sudah dewasa dan
menyerahkan fotokopi Surat Kematian/Perceraian
6. Menyerahkan berkas tersebut di atas ke Seksi Transmigrasi, Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten 7. Surat SKCK dari Kepolisian
8. Kalau sudah positif berangkat, membawa surat pindah dari Dinas Dukcapil setempat.

Para transmigran mempunyai kewajiban untuk mengolah lahan pekarangan dan lahan usaha untuk dikembangkan sesuai potensi di daerah penempatan. Disamping kewajiban tersebut, transmigran juga mempunyai hak untuk memperoleh fasilitas jaminan hidp (JADUP), lahan pekarangan dan lahan usaha sesuai dengan kesepakatan/KSAD.

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten berencana akan melakukan kegiatan penjajagan ke lokasi transmigrasi Desa Kahinggai Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Lamandau Pravinsi Kalimantan Tengah pada Bulan Mei 2019 dan lokasi transmigrasi Desa Tanjung Buka SP.6 Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Bulan Juni 2019. Dua Kegiatan tersebuat adalah program sharing antara Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara dan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang diprakarsai oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Target transmigrasi program sharing dari Kabupaten Klaten sebanyak 20 KK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *