Penyelesaian Hubungan Industrial di PT. Indelco

Pada tanggal 12 April 2021 Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten menerima email pengaduan hubungan industrial. Pengaduan tersebut terkait dengan keterlambatan pembayaran gaji karyawan.

Pengaduan tersebut ditindaklanjuti oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten dengan menugaskan Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Ketenagakerjaan untuk melakukan kunjungan ke PT. Indelco.

Dalam kunjungan tersebut diperoleh fakta bahwa memang benar terjadi keterlambatan pembayaran gaji yang dialami oleh 150an karyawan PT. Indelco. Karyawan PT. Indelco mengalami keterlambatan penggajian selama 3 sampai 4 bulan.

Untuk mengatasi hal tersebut PT. Indelco menyatakan sudah melakukan langkah bipartit dengan mengumpulkan semua karyawan dan sudah menginformasikan hal tersebut kepada seluruh karyawan melalui kepala divisinya. Keterlambatan pembayaran gaji karyawan terjadi karena keterlambatan pembayaran oleh buyer perusahaan. Hal tersebut juga sudah diinformasikan ke karyawan. Perusahaan menyatakan akan memperbaiki hal tersebut dan hari ini akan dibayarkan keterlambatan gaji karyawan yang belum dibayarkan karena metoda pembayaran secara cash. Kemudian mulai bulan depan perusahaan akan membayarkan gaji secara tepat waktu.

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten mengimbau bagian personalia PT. Indelco untuk memperbaiki koordinasi dengan pimpinan perusahaan untuk mengambil langkah-langkah sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku. Peran bagian SDM harap dimaksimalkan terkait koordinasi dengan pimpinan perusahaan dengan rujukan undang undang cipta kerja ditambah rujukan terkait pembayaran THR (Tunjangan Hari Raya) dikarenakan akan mendekati masa pembayaran THR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *